STOP ABH, JAKSA BERIKAN PENERANGAN HUKUM DI SMPN 1 PANDAAN

Sumber Foto : HUMAS Kejari Kabupaten Pasuruan. Foto bersama Tim Penkum Kejari Kab Pasuruan dengan Kepala SMPN 1 Pandaan

ADHYAKSAPASURUAN – Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan memberikan Penerangan Hukum di aula SMP Negeri 1 Pandaan Kabupaten Pasuruan pagi tadi, Kamis (28/02/2019). Penerangan hukum ini merupakan wujud dari program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dan STOP Anak Berhadapan Hukum (ABH) di Kejari Kabupaten Pasuruan.

Penerangan hukum yang diikuti oleh siswa-siswi SMP yang berjumlah lebih dari 100 anak dan diikuti oleh beberapa dewan guru ini, langsung dipimpin oleh Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (BB & BR) Trian Yuli Diarsa, SH., MH dan didampingi oleh beberapa jaksa fungsional yang ada di Kejari Kabupaten Pasuruan.

Foto bersama siswa-siswi SMPN 1 Pandaan saat materi telah disampaikan

Materi yang diberikan kali ini adalah mengenai UU ITE dan Narkotika. Menurut Kasi BB & BR penerangan hukum ini hampir sama dengan penerangan hukum sebelumnya. Pasalnya, perkara-perkara yang dihadapi  selama ini oleh  Kejari Kabupaten Pasuruan adalah masih seputar dari materi tersebut.

“Kasus-kasus anak hingga saat ini masih seputar soal Narkotika, UU ITE, dan Perlindungan Anak” ungkapnya.

Hal ini juga disampaikan disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pandaan, Hj. Erriastuti, Ia mengungkapkan bahwa pihaknya mengamati soal kasus-kasus anak selama ini juga karena 3 faktor tersebut. Sehingga ia mengungkapkan pentingnya materi ini disampaikan guna memberikan pengetahuan kepada anak-anak agar dapat menghindari tindakan-tindakan yang dapat melanggar hukum yang sudah ditetapkan.

“Dengan disampaikan materi yang penting ini. Mudah-mudahan siswa-siswi SMPN 1 Pandaan ini dapat memahami dan menjauhi segala tindakan yang mengarah pada tindakan melanggar hukum,” ungkapnya.

Pembagian Souvenir berupa tas dan pin kepada siswa-siswi

Selain memberikan materi soal hukum. Para jaksa juga membawa souvenir tas sekolah dan pin untuk dibagikan kepada siswa-siswi yang aktif memperhatikan dan memberikan pertanyaan soal materi yang disampaikan. (**)